Langsung ke konten utama

Kelilingi Diri dengan Kegembiraan, Ucapkan Terima Kasih Saat Melepaskan

spraking joy with marie kondo


Tyding Up & Spraking Joy

Setiap kali melihat atau mendengar dua kata kunci tersebut, selalu teringat dengan Marie Kondo pengagas KonMari Method. Meskipun terlihat sekilas seperti gaya hidup minimalis, tetapi metode KonMari by Marie Kondo bukan sekedar tentang banyak sedikitnya barang di sekitar kita. Tetapi, mendorong seseorang untuk hidup diantara hal-hal yang memicu kegembiraan. 

Dalam metodenya, KonMari mengajak kita untuk mulai merapikan hal-hal di sekitar kita yang dapat menimbulkan "kekacauan". Bukan hanya sekedar bebenah atau bersih-bersih semata, tetapi melibatkan perasaan dalam setiap prosesnya. 

Seperti yang terlihat dalam serial Netflix "Sparking Joy with Marie Kondo". Bagaimana Marie Kondo memulai menyapa tempat yang akan dibersihkan, mengajukan pertanyaan sederhana pada diri sendiri terkait dengan barang-barang yang akan dirapikan.

Apakah ini memicu kegembiraan?

Sparking Joy with Marie Kondo on Netflix

Netflix menayangkan serial reality Marie Kondo yang mengenalkan siasat bebenah kepada keluarga yang kesulitan untuk merapikan barang-barang yang mereka miliki. Serial ini sudah tayang sejak 2021 dalam 3 episode. Sebelumnya, Netflix juga telah menayangkan serial Marie Kondo dengan judul "Tyding Up with Marie Kondo" yang tayang di tahun 2019. 

Dalam serial ini, setiap episodenya Marie bertemu dengan keluarga yang berbeda-beda untuk mengenalkan dan sekaligus mengajak mereka untuk mulai bebenah dan semakin dekat dengan kebahagiaan. Dimulai dari kelurga Logan pemilik kebun penjual tanaman organik, keluarga Joanna pemilik Coffee Bar, dan terakhir keluarga Lorri yang ingin merapikan rumah dan gereja. 

Dimulai dengan Sebuah Sapaan

Setiap kali akan membersihkan tempat, Marie mengajak keluarga untuk sejenak berdoa dan menyapa tempat yang akan dibersihkan. Setelah dirapikan, tempat tersebut akan menjadi tempat baru yang dipenuhi dengan kebahagiaan.

spraking joy marie kondo
Photo by KonMari via instagram.com/konmari.co

Menetapkan Tujuan Sebelum Memulai

Sebelum memulai merapikan, Marie mengajak keluarga tersebut mengungkapkan ruangan seperti apa yang diinginkan, sehingga bisa menimbulkan kebahagiaan setelah ditempati. Dalam proses bebenah rumah, kita tentu juga akan membayangkan ruangan yang kita impikan. Dimana kita akan meletakkan barang-barang sehingga memudahkan untuk menemukannya kelak.

Tanyakan "Apakah ini memicu Kebahagiaan?"

Dalam KonMari Method, yang menjadi poin penting adalah "kebahagiaan". Ajukan pertanyaan sederhana kepada diri sendiri "Apakah ini memicu kebahagiaan?". Pisahkan barang-barang dengan jawatan Ya atau Tidak. 

Tidak perlu terburu-buru, karena kita melibatkan perasaan kita untuk jujur menjawab, apakah barang-barang tersebut memicu kebahagiaan atau tidak. Proses bebenah ini memang bukan hal yang selesai dalam satu hari. Tidak masalah jika hari ini tidak selesai, karena hari esok masih bisa dilanjutkan. 

Photo by KonMari via instagram.com/konmari.co

Perlakukan dengan Baik dan Ucapkan Terima Kasih untuk Melepaskan

Perlakukan barang-barang yang kita miliki dengan baik. Jika barang tersebut tidak memicu kebahagiaan dan ingin membuangnya, ucapkan terima kasih.

Terima kasih sudah berjasa

Barang-barang yang kita miliki tentu sudah berjasa dalam kehidupan kita. Seperti sepatu yang sudah melindungi kaki atau baju yang menghangatkan tubuh. Jika pada waktunya nanti kita harus melepaskan barang-barang tersebut, ucapkan terima kasih dengan tulus. 

Dalam episode ke-2, Marie mengajarkan kepada keluarga Joanna, memberikan perlakukan yang baik kepada baju yang dilipat. Melipatnya dengan lembut seolah sedang membelainya. Dan mengucapkan terima kasih pada baju-baju yang akan dibuang atau didonasikan. 

Photo by KonMari via instagram.com/konmari.co

Menyimpan Barang Sentimental

Memang bukan hal yang mudah untuk menyimpan barang-barang sentimental yang melibatkan perasaan lebih mendalam. Barang-barang yang memiliki kenangan dengan orang yang kita sayangi atau mempunyai makna yang penting. Dalam metodenya, Marie mengizinkan pemilik untuk menyimpan secara terpisah barang-barang sentimental tersebut. 

Serial reality Sparking Joy with Marie Kondo memiliki banyak makna dalam setiap menitnya. Bahkan kebahagiaan yang dirasakan para keluarga dalam serial tersebut seakan dapat dirasakan saat kita menontonnya. Rasa bahagia, haru, dan bangga kepada mereka yang telah berhasil membuat tempat tinggalnya rapi dan menimbulkan kebahagiaan. 

Berpegang pada benda yang memicu kebahagiaan, dan melepaskan sisanya - Marie Kondo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah Awal untuk Pemula: Buat Blog Yuk, untuk Rumah Karyamu

  Punya tulisan, tapi bingung mau diposting dimana? Gak percaya diri, takut tulisan dibilang lebay. Kalau kamu merasa begitu, kamu gak sendiri. Awal-awal aku mulai menulis dan mempostingnya di media sosial, merasa tidak percaya diri. Apalagi dibaca oleh orang-orang yang ku temui setiap hari. Kadang, mereka membahasnya dan mengkritik atau sekedar memberikan saran. Mendapatkan kritik dan saran, memang tidaklah buruk, justru ini bisa menjadi bahan perbaikan. Tapi, ada beberapa kritik yang kadang membuatku down. Apakah aku menyerah dan tidak menulis lagi? Tentu saja tidak. Semakin lama, aku merasa bahwa menulis adalah salah satu hal yang membuatku merasa hidup lebih bermakna. Ada beberapa teman yang berkomentar bahwa tulisanku menginspirasi mereka, menguatkan mereka, atau mereka merasa sefrekuensi denganku. Hal-hal positif ini yang aku fokuskan, sehingga aku terus menulis sampai saat ini.  Aku harap, kamu yang membaca tulisan ini juga percaya diri untuk menulis dan membagikan karyamu d